BerandaDaerahDisdukcapil Natuna Dorong Masyarakat Beralih ke KTP Digital

Disdukcapil Natuna Dorong Masyarakat Beralih ke KTP Digital

Kepala Disdukcapil Natuna, Ilham Kauli, saat ditemui awak media sinarperbatasan.com di ruang kerjanya di Jalan Datuk Kaya Wan Mohammad Benteng, Kelurahan Ranai, pada Rabu (01/03/2023) pagi. (foto : Sholeh)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Natuna, Ilham Kauli, mengatakan penerapan program Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang diganti dengan KTP Digital khusus di Natuna sudah dilaunching pada tanggal 17 Agustus tahun lalu.

Sejak diluncurkan, Disdukcapil Natuna mencatat hampir 800 lebih penduduk telah menggunakan indentitas kependudukan berbasis digital. Sampai saat ini sosialisasi penggunaan KTP Digital terus dilakukan.

“Untuk bergerak secara paralel sesuai arahan pusat dari ruang lingkup ASN, tapi masyarakat juga sudah mulai bergerak, setiap yang datang kita berikan layanan tambahan mengaktifkan identitas kependudukan digital bila mereka memiliki fasilitas android,” jelas Ilham Kauli, ketika ditemui awak media sinarperbatasan.com di ruang kerjanya, Jalan Datuk Kaya Wan Mohammad Benteng, Kelurahan Ranai, pada Rabu (01/03/2023) pagi.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Kata Ilham Kauli, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan tidak akan lagi menambah persediaan blangko e-KTP. KTP-elektronik (KTP-el) akan diganti menggunakan digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau yang disebut KTP Digital.

“Secara undang undang tadi saya katakan sudah suatu perkembangan teknologi informasi dan bahkan pemerintah sudah mulai mengurangi percetakan blangko untuk E-KTP,” ujar Ilham Kauli.

Ilham Kauli menerangkan kebijakan tersebut telah diberlakukan secara nasional. Dimana pada tahun 2023, target 25 persen dari jumlah total perekaman atau wajib KTP sudah harus memiliki identitas digital.

“Terakhir hampir mendekati 900 penduduk sudah digital, dan kita terus bergerak memberikan pelayanan. Tercapai atau tidaknya tentu dari kerja keras kita, begitu juga peran-peran masyarakat. Artinya kami tidak tau berapa persen penduduk Natuna yang memiliki android. Walaupun ada target Nasional, kami masih melayani pencetakan KTP manual,” pungkasnya. (Sholeh)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82