BerandaDaerahWarga Desa Cemaga Utara Lakukan Pembersihan Makam bersama Babinsa

Warga Desa Cemaga Utara Lakukan Pembersihan Makam bersama Babinsa

Tampak masyarakat Desa Cemaga Utara bersama Babinsa Koramil 01/Ranai, saat melakukan aksi gotong-royong membersihkan area pemakaman, Minggu (26/02/2023) pagi. (foto : Zubad)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Babinsa Desa Cemaga Utara, Serda Saprizal, Personil Koramil 01/Ranai Kodim 0318/Natuna ikut gotong-royong bersama masyarakat membersihkan makam, di Desa Cemaga Utara, Kecamatan Bunguran Selatan, pada Minggu (26/02/2023) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Cemaga Utara Irwan, Sekdes Desa Cemaga Utara Sahroni, Ketua BPD Desa Cemaga Utara Armanto beserta Anggota, Pendamping Lokal Desa Cemaga Utara Syarifuddin, Kadus, Ketua RW, Ketua RT, dan Warga Dusun 01 Desa Cemaga Utara.

Serda Saprizal mengatakan, kegiatan gotong-royong ini diadakan sehubungan dengan akan datangnya bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini sudah menjadi tradisi dan kebiasaan warga Desa Cemaga Utara untuk melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan makam setiap menjelang masuknya bulan Ramadhan, karena sebagian warga nantinya akan melaksanakan ziarah kubur.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Kata Serda Saprizal, bersih-bersih makam pada hakekatnya adalah tradisi masyarakat setiap menjelang bulan Ramadhan untuk menghormati, memuliakan juga mendoakan para leluhur serta keluarga mereka yang sudah meninggal.

“Selain itu kegiatan tersebut bisa menjadi sarana dalam menjaga kerukunan antar warga sehingga patut untuk dilestarikan,” ujar Serda Saprizal, kepada sinarperbatasan.com.

Ia mengatakan, kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan masyarakat, untuk memberikan solusi, meringankan beban masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

“Babinsa menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional. Ia dituntut untuk dapat memetakan kondisi teritorialnya dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan,” pungkasnya. (Zubad)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82