BerandaDaerahKades Sedarat Baru Dorong Warganya Manfaatkan Lahan Kosong untuk Berkebun

Kades Sedarat Baru Dorong Warganya Manfaatkan Lahan Kosong untuk Berkebun

Kepala Desa Sedarat Baru, Kecamatan Bunguran Batubi, Gunawan, saat beristirahat seusai melaksanakan gorong-royong bersama warganya, Minggu (26/02/2023) pagi. (foto : Sholeh)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Kepala Desa Sedarat Baru, Kecamatan Bunguran Batubi, Kabupaten Natuna, Gunawan, mendorong agar warganya dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada, untuk ditanami tumbuhan bermanfaat.

Hal itu disampaikannya saat melaksanakan kegiatan gotong-rotong di perkampungan Desa Sedarat Baru (SP 3) Kecamatan Bunguran Batubi, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada Minggu (26/02/2023) pagi.

“Harapan saya lahan-lahan yang kosong itu, daripada di tumbuhi semak belukar, mending ditanami, biar nanti ada hasilnya,” ucap Gunawan, saat ditemui sinarperbatasan.com, ketika mengikuti kegitan gotong royong bersih lingkungan di Desanya.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Kata Gun (sapaan akrabnya), di Kecamatan Bunguran Batubi, khususnya di Desa Sedarat Baru, masih terdapat banyak lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar. Padahal, jika ditanami tanaman buah-buahan, dapat menjadi sumber pendapatan sampingan bagi warganya.

“Ya terserah lah, mau ditanami apa, misalnya mangga, rambutan, kelapa atau cengkeh, kan nanti suatu saat akan berbuah. Jadi ada yang kita tunggu. Kalau dibiarkan begitu saja, ya sampai kapan pun nggak akan menghasilkan,” tuturnya.

Gun mendorong agar warganya dapat menyempatkan diri untuk menanam pokok tanaman bermanfaat di lahannya, sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional dan peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya rasa untuk menanam satu dua pokok bibit buah, tidak membutuhkan waktu yang lama. Semalas-malasnya kita, habis tanam udah tinggal aja, anggap aja tanaman liar. Syukur-syukur mau merawat, biar cepat besar. Tapi kalau lahan kita udah banyak tanamannya, InsyaAllah nanti akan semangat kita untuk merawatnya,” pungkas Gun. (Sholeh)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82