BerandaDaerahDiresmikan Bupati, Kini Kecamatan Suak Midai Miliki Puskesmas Sendiri

Diresmikan Bupati, Kini Kecamatan Suak Midai Miliki Puskesmas Sendiri

Bupati Natuna, Wan Siswandi, saat menandatangani prasasti peresmian gedung Puskesmas Suak Midai, pada Rabu (15/02/2023) kamarin, di Desa Batu Belanak. (foto : Dok. Diskominfo Natuna)


Natuna, SinarPerbatasan.com – Masyarakat Kecamatan Suak Midai, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kini sudah dapat menikmati layanan kesehatan di daerahnya. Pasalnya, Suak Midai sudah memiliki Puskesmas sendiri.


Puskesmas Suak Midai diresmikan langsung oleh Bupati Natuna Wan Siswandi, di Desa Batu Belanak, pada Rabu (15/2/2023) kemarin.


Sebelum Puskesmas Suak Midai dibangun, untuk berobat masyarakat Suak Midai selalu numpang di kecamatan tetangganya Kecamatan Midai.


Kepada awak media Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah menyampaikan, Puskesmas Suak Midai dibangun dengan anggaran Rp 12,7 milyar meliputi fasilitas cukup lengkap.


Selain bangunan layanan kesehatan, juga dilengkapi dengan fasilitas rumah dinas dokter, rumah dinas bidan dan rumah dinas tenaga kesehatan.


“Untuk sementara tenaga kesehatan akan menerapkan sistem rolling sampai adanya dokter tetap yang akan bertugas. Untuk bidan dan perawat akan diperbantukan masing-masing 6 orang dari Puskesmas Midai,” jelas Hikmat Aliansyah, saat dihubungi sinarperbatasan.com.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg


Bupati Natuna, Wan Siswandi menyampaikan, bahwa puskesmas ini menjadi konsen pemerintah pusat, karena di 15 kecamatan di Kabupaten Natuna telah dibangun puskesmas termasuk akan dibangun 2 puskesmas di kecamatan baru yaitu Pulau Panjang dan Seluan.


“Tentunya ini adalah bentuk sinergitas multisektoral sehingga komunikasi terbangun dengan baik sampai berdirinya Puskesmas Suak Midai. Tentunya kita berterima kasih kepada kementerian telah menyalurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebagai sumber anggaran pembangunan,” ujar Wan Siswandi.


Wan Siswandi menambahkan, bahwa bangunan fisik memadai harus didukung oleh tenaga medis mumpuni. Sehingga penting bagi Dinas kesehatan untuk menfasilitasi kelengkapan tenaga kesehatan di Puskesmas Suak Midai.


“Kita berharap tenaga medis dapat diprioritaskan anak daerah yang sesuai dengan bidang keilmuannya. Nanti Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas bagaimana kebutuhan tenaga medis dapat terpenuhi,” katanya.


Acara peresmian Puskesmas Suak Midai ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti gedung, dan dilanjutkan dengan peninjauan langsung gedung baru puskesmas oleh Bupati Natuna dan rombongan. (Khairud)


Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82