BerandaDaerahInspektorat Lakukan Audit Investigasi Pengadaan Barang di Perusda Natuna

Inspektorat Lakukan Audit Investigasi Pengadaan Barang di Perusda Natuna

Inspektur Inspektorat Natuna, Robertus Louis Sreverson alias Amin, saat ditemui awak media diruang kerjanya, di Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Jum’at (10/02/2023) pagi. (foto : Zaki)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Inspektorat Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), tengah melakukan audit investigasi dugaan kerugian negara pada kegiatan pengadaan barang di Perusahaan Daerah (Perusda) Natuna.


Kegiatan tersebut diperkirakan antara tahun 2018-2019 lalu.


Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Natuna, Robertus Louis Sreverson atau yang lebih akrab disapa Amin itu mengatakan, audit investigasi untuk melihat Perhitungan Kerugian Negara (PKN) dan menentukan total kerugian.

Diketahui, pada audit pertama di tahun 2022 lalu, ditemukan kecurangan (fraud) berupa dugaan kerugian negara sekitar Rp 260 juta.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg


“Kemudian dilanjutkan dengan audit investigasi dan hasilnya sudah diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Natuna tahun 2022 lalu,” katanya, saat ditemui Jum’at (10/02/2023) pagi di Kantornya.


Pada audit PKN ini dilakukan untuk penghitungan dan penentuan jumlah kerugian negara sebagai kepentingan penyidikan di Kejaksaan Negeri Natuna.


Hal ini berdasarkan permintaan dari kejaksaan sehingga Inspektorat Natuna mengikuti mekanisme tersebut.


“Jadi tahapan audit yang kami lakukan ini berdasarkan permintaan dari Kejaksaan Negeri Natuna. Kami mengikuti mekanisme mereka,” ujarnya.


Namun sayangnya, Amin belum bersedia menyebutkan jenis kegiatan pengadaan barang di Perusda Natuna yang diduga merugikan negara tersebut. Pasalnya saat ini, tim Inspektorat Natuna sedang melakukan audit.


Dia memastikan, dugaan fraud itu akan diketahui secara jelas setelah proses audit PKN selesai. Nantinya pihaknya akan langsung melakukan ekspose. (Zaki)


Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82