BerandaADVERTORIALPemkot Blitar Terima Penghargaan dari Menteri PANRB

Pemkot Blitar Terima Penghargaan dari Menteri PANRB

Kota Blitar, SinarPerbatasan.com –Pemerintah Kota Blitar berhasil meraih Predikat A atau memuaskan pada SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) AWARD Tahun 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

SAKIP Award Tahun 2024 mengusung tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan
Akuntabilitas untuk Indonesia Maju”.
Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, diterima langsung Walikota Blitar, Santoso, di Jakarta, Rabu (02/10/2024).

Walikota Blitar, Santoso mengaku bangga dan senang, sebab Kota Blitar bisa mencapai nilai SAKIP dengan angka yang memuaskan. Mengingat, dalam kurun waktu 2017 – 2023 predikat SAKIP yang diraih Kota Blitar masih B.

“Alhamdulillah, pemerintah daerah di Indonesia yang predikatnya naik, dari B menjadi A itu hanya dua daerah, yaitu Kabupaten Tuban dan Kota Blitar.

“Ini menunjukkan semangat,komitmen dan kedisiplinan ASN Pemkot Blitar membuahkan hasil yang manis,kami memberikan apresiasi tinggi bagi seluruh OPD yang serius melaksanakan SAKIP sesuai regulasi yang berlaku” kata Santoso usai menerima penghargaan.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Blitar, Priyo Suhartono menambahkan bahwa untuk meraih Predikat A dalam SAKIP tidaklah mudah. Membutuhkan strategi khusus untuk memastikan seluruh OPD mampu menerapkan semua indikator penilaian dengan baik.

“Kemarin itu yang dipromosikan Kemenpan RB ada tiga daerah, tingkat provinsi Sumatera Barat, tingkat kabupaten ada Tuban dan tingkat kota itu adalah Kota Blitar.Alhamdulillah Kota Blitar berhasil naik kelas,” terangnya.

Menurut Priyo Suhartono, Penilaian SAKIP mencakup sektor general dan tematik. SAKIP General mencakup sektor pendidikan, kesehatan, tenaga kerja dan sosial. Sedangkan SAKIP Tematik mencakup issue tentang pengentasan kemiskinan, pengendalian inflasi, stunting dan pertumbuhan ekonomi.

“Agenda ini merupakan ajang pemberian apresiasi dan penghargaan kepada instansi dengan hasil evaluasi penilaian SAKIP terbaik di tahun 2024, menjadi wadah sharing knowledge, dan pembelajaran interaktif antar instansi
pemerintah melalui pelaksanaan peer teaching oleh pemerintah daerah best practice SAKIP,” ucap Sekda Kota Blitar.

Ia menegaskan,prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi jajaran di Pemerintah Kota Blitar untuk terus meningkatkan akuntabilitas kinerja.

“Sehingga efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dapat berdampak signifikan dalam penyelesaian isu-isu strategis daerah,” pungkasnya.(Daffa/Kmf/Adv)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82