BerandaADVERTORIALBupati Blitar Kick Off Sinergi Program Pasar Lelang Cabai

Bupati Blitar Kick Off Sinergi Program Pasar Lelang Cabai

Blitar, SinarPerbatasan.com – Acara Kick Off Sinergi Program Pasar Lelang Cabai di buka langsung oleh Bupati Blitar Rini Syarifah di Sekretariat Koperasi Pemasaran Bejo Mulyo Lestari, Desa Kolomayan, Kecamatan Wonodadi, Kamis (19/09/2024).

Kegiatan ini sebagai langkah untuk pengendalian inflasi pangan dan memperkuat sektor pertanian di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

Acara Kick Off Sinergi Program Pasar Lelang Cabai dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Bank Indonesia Kediri yang turut memberikan apresiasi terhadap peran petani cabai sebagai pilar penting dalam ekonomi daerah.

Bupati Blitar dalam sambutannya menyampaikan,sektor pertanian memiliki peran krusial dalam pembangunan ekonomi Kabupaten Blitar. Dengan lahan pertanian seluas 117.278 hektare pada tahun 2023.

Kabupaten Blitar menjadi daerah penyangga pangan nasional, memproduksi lebih dari 375.490 ton padi per tahun. Tak hanya itu, hasil produksi sayuran dan buah-buahan juga mencapai angka yang signifikan, dengan produksi cabai rawit hingga 441.841 kwintal.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

“Program ini diharapkan menjadi solusi efektif dalam menjaga stabilitas harga cabai, meningkatkan pendapatan petani, dan pada akhirnya menekan laju inflasi,” ucap Rini Syarifah.

Ia menambahkan,pentingnya sinergi antara pemerintah, petani, pedagang, dan seluruh stakeholder terkait, termasuk Bank Indonesia (BI), yang memberikan dukungan nyata dalam pengendalian inflasi pangan. Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah Kabupaten Blitar menginisiasi program pasar lelang cabai.

“Dengan adanya pasar lelang, diharapkan petani dapat mendapatkan harga yang layak atas hasil panen mereka, serta mampu berbagi pengetahuan dan pengalaman guna meningkatkan kualitas produksi cabai. Hal ini juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani, sekaligus memperkuat ketahanan pangan daerah,” pungkasnya. (Daffa/Kmf/Adv)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82