BerandaDaerahMengenal Lebih Dekat Cen Sui Lan, Wanita Mualaf Calon Bupati Natuna

Mengenal Lebih Dekat Cen Sui Lan, Wanita Mualaf Calon Bupati Natuna

Cen Sui Lan alias Aisyah (nama Muslim), salah satu bakal calon (balon) Bupati Natuna di Pilkada 2024.

Natuna, SinarPerbatasan.com – Nama Cen Sui Lan memang tidak asing lagi ditelinga masyarakat Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pasalnya, Anggota DPR RI aktif dari Partai Golkar tersebut, merupakan wakil rakyat dari Dapil Kepri yang terbilang paling sering mengunjungi daerah Kabupaten Natuna.

Selain berkunjung, nyatanya Cen Sui Lan atau yang akrab disapa Bu Cen itu, ketika ke Natuna tidak hanya membawa badan atau sekedar menghabiskan waktunya untuk memenuhi laporan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) semata. Namun, ia selalu membawa misi untuk dapat menyerap aspirasi masyarakat setempat, untuk di jadikan sebagai pokok-pokok pikiran (pokir) DPR RI di Senayan.

Hasil karya nyatanya, ia buktikan dengan banyaknya aspirasinya yang dikucurkan untuk masyarakat di Kabupaten Natuna. Lewat pengabdiannya, Cen Sui Lan behasil ‘menggelindingkan’ anggaran dari pusat, untuk membantu daerah dan masyarakat yang ada di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah.

Mulai dari pembangunan jalan di Pulau-Pulau yang ada di Natuna, jembatan, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pengembangan sektor pariwisata, hingga pembangunan infrastruktur umum lainnya, yang tentunya tidak bisa disebutkan satu persatu.

Yang pasti, itu semua berasal dari aspirasinya. Sehingga geliat pembangunan di daerah ujung utara NKRI tersebut, terlihat menunjukkan ke arah kemajuan, dan tentunya akan bermuara terhadap meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Natuna.

Meski ia bukan asli warga Natuna, nampaknya Cen Sui Lan mulai jatuh hati dengan masyarakat dan daerah berjuluk Mutiara Diujung Utara Indonesia tersebut. Sebab, dengan tegas dan iklas, ia mengaku siap maju untuk menjadi Calon Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Natuna tahun 2024 mendatang.

Niat tulusnya untuk mengabdi sebagai pemimpin di daerah perbatasan tersebut, telah mendapat restu dan rekomendasi dari Partai yang membesarkan namanya, yaitu Golkar. Selain Golkar, Partai Gerindra juga telah resmi mengeluarkan surat rekomendasi untuk Cen Sui Lan maju sebagai bakal calon Bupati Natuna, didampingi oleh Jarmin Sidik, sebagai calon Wakilnya.

“Assalamu’alaikum wb.wb. Alhamdullilah, hari ini saya dan Pak Jarmin telah menerima SK pengesahan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Natuna. Terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh saudara-saudara saya, yang telah dan selalu memberi semangat dan dorongan kepada kami untuk maju. Ayo kita bersama-sama membangun Natuna menjadi lebih maju dan bermartabat. Semangat !!,” tulis Cen Sui Lan, melalui pesan WhatsApp, yang diterima media ini, Senin (29/07/2024) kemarin.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Cen Sui Lan mengaku, ia bersama calon Wakilnya Jarmin Sidik, berniat untuk membangun Kabupaten Natuna dari berbagai aspek, yang menjadi kebutuhan prioritas bagi masyarakat. Ia yakin, bahwa kedepan mereka mampu menjawab berbagai tantangan yang selama ini menjadi hambatan bagi masyarakat Natuna.

“Kami berjanji untuk melayani dengan integritas, transparansi, dan inklusivitas, mendengarkan suara setiap anggota komunitas. Perjalanan kita ke depan memerlukan kerja keras dan tekad, namun dengan dukungan masyarakat Natuna dan kepercayaan yang diberikan oleh Partai Golkar dan Gerindra kepada Saya dan Pak Jarmin, saya yakin kita akan mencapai kesuksesan,” sebut Cen Sui Lan.

Sebagai informasi, Cen Sui Lan merupakan perempuan pertama dari etnis Tionghua, yang berhasil menembus kursi DPR RI di Senayan. Kala itu, ia menggantikan Ansar Ahmad, yang maju sebagai Calon Gubernur Kepri, melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) dari Partai Golkar.

Wanita Kelahiran Kuala Langkat, Sumatera Utara, pada 11 Mei 1967 (57 tahun) itu, merupakan tokoh politisi sekaligus pengusaha Muslimah yang cukup terkenal di Kota Batam, Kepri.

Cen Sui Lan menjadi seorang Mualaf (masuk agama Islam), ketika dinikahi oleh Haji Raja Mustakim, pada tahun 2008 silam. Usai menjadi Muslimah sejati, ia pun memiliki nama Islam yaitu Aisyah.

Meski berdarah Tionghua, namun jiwa Nasionalisme Ibu dua orang anak itu tidak perlu diragukan lagi. Sebab, ia telah mengabdikan diri untuk bangsa dan negara ini, dan telah bergabung di Partai Politik selama kurang lebih 18 tahun.

Tidak ubahnya Cen Sui Lan, calon Wakilnya Jarmin Sidik, juga merupakan salah satu politisi senior di Natuna dari Partai Gerindra. Jarmin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Natuna itu, juga telah mengabdi untuk masyarakat Natuna hampir 1 dekade (10 tahun). Ia sukses menjabat sebagai wakil rakyat selama 2 periode.

Cen Sui Lan dan Jarmin Sidik, di usung oleh 2 partai calon Penguasa di Pusat. Sebab pada Pemilu Presiden 2024 kemarin, Partai Gerindra berhasil menghantarkan Prabowo Subianto, sebagai Presiden terpilih periode 2024-2029, bersama Wakilnya Gibran Rakabuming Raka, yang merupakan putra sulung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Golkar adalah salah satu Partai pengusung pasangan Prabowo-Gibran. Artinya, jika Cen Sui Lan dan Jarmin Sidik terpilih sebagai pasangan Bupati Natuna periode 2024-2029, mereka tentu sudah memiliki akses spesial di tingkat Pemerintah Pusat, karena satu server dengan sang Penguasa.

Hal ini tentu diharapkan dapat menjadi salah satu strategi bagi Natuna, untuk dapat ‘menjolok’ anggaran dan program kebijakan dari Pusat, agar dapat ‘menggelinding’ dengan mulus ke daerah Kabupaten Natuna.

Apalagi, masyarakat Natuna memiliki salah satu cita-cita besar, yaitu menjadikan daerah mereka sebagai daerah setingkat Provinsi, yang sampai sekarang masih dalam proses perjuangan.

Laporan : Erwin Prasetio

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine



Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82